Author Guidelines

Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter (JPMB) menerima naskah dalam bentuk hasil pengabdian pada masyarakat, baik yang tertulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sepanjang 5-20 halaman kuarto spasi 1.13 dan diketik dengan Microsoft Word dengan huruf Calibri font 11.

Naskah yang telah diterima Redaksi melalui sistem OJS akan segera diteruskan ke Mitra Bestari (Reviewer) dan akan dikembalikan kepada penulis setelah dikoreksi. Dimohon penulis menyempurnakan naskahnya sesuai dengan saran-saran dari Mitra Bestari, serta ditulis menurut aturan penulisan yang telah ditetapkan (sesuai Template). Naskah yang sudah disempurnakan dapat dikirim kembali ke melalui sistem (Re-Submit).

Naskah disusun dengan ketentuan dan urutan (a) Page setup: kertas A4 dengan top 2.25, left 2.25, right 2.00, bottom 2.00; (b) Judul dalam bahasa Indonesia atau Inggris diketik dalam 1 spasi dengan huruf Calibri font 12 pt dipertebal (bold); (c) Nama lengkap penulis ditulis dengan huruf Calibri font 11.5 pt dipertebal (bold); (d) Nama lembaga/institusi, disertai alamat lengkap, telp, dan nomor kode pos, email ditulis dengan huruf Calibri font 8 pt tidak dipertebal; (e) Abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris ditulis dengan huruf Calibri font 10.5 spasi 0.85 dan tidak lebih dari 200 kata.

Sistematika Paper: (a) Pendahuluan: (tanpa subjudul, memuat latar belakang masalah, analisis mitra, dan permasalahan yang dihadapi mitra); (b) Metode Pelaksanaan; (c) Hasil dan Pembahasan; (d) Temuan (jika ada); (e) Simpulan dan Saran; (f) Daftar Pustaka, ditulis memakai sistem APA 6th Edition (American Psychological Association).

Daftar Pustaka ← 11.5pt, Calibri bold

(10.5 pt, Calibri, spasi 1)

Ketentuan daftar pustaka pada JPMB, yaitu:

  1. Daftar pustaka harus sesuai dengan banyaknya kutipan,
  2. Minimal 10 referensi per artikel, 80% bersumber dari referensi primer (jurnal ilmiah, prosiding konferensi, dan tesis/disertasi).
  3. Terkini dan terbaru, minimal 10 tahun terakhir.
  4. Penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi bawaan Microsoft Word atau aplikasi khusus seperti Mendeley, Zotero, EndNote, dan lainnya.
  5. Format penulisan daftar pustaka mengikuti format APA 6th Edition (American Psychological Association). Daftar pustaka ditulis dengan spasi 1. Informasi lebih lanjut terkait APA bisa diakses di link berikut ini:

http://www.misericordia.edu/uploaded/documents/library/Books/APAStyle.pdf?1436800286903

Contoh Kutipan dan Daftar Pustaka

 

Referensi dengan lebih dari 3 penulis

Kutipan pertama (Bishop, FitzSimons, Seah, & Clarkson, 1999)

atau Bishop, FitzSimons, Seah, & Clarkson (1999)

 

Kutipan berulang  (Bishop et al., 1999) atau Bishop et al. (1999) 

Bishop, A., FitzSimons, G., Seah, W. T., & Clarkson, P. (1999). Values in mathematics education: Making values teaching explicit in the mathematics classroom. Paper presented at the AARE Annual Conference, Melbourne.

Prosiding Seminar/Konferensi

Kutipan  (Clark, 2011) atau Clark (2011)

Clark, K.M. (2011). Voices from the field: incorporating history of mathematics in teaching. Proceedings of the Seventh Congress of the European Society for Research in Mathematics Education (7th CERME), Rzeszow – Poland, 1640-1649.

Buku Terjemahan

Kutipan pertama (Marks, Hiatt, & Neufeld, 1985) atau Marks, Hiatt dan Neufeld (1985)

Kutipan berulang  (Marks et al., 1985) atau Marks et al. (1985)

Marks, J.L., Hiatt, A.A.  & Neufeld, E.M. (1985). Metode mengajar matematika untuk sekolah dasar (Terjemahan oleh Bambang Sumantri). Jakarta, Indonesia: Penerbit Erlangga.

Buku (Editor)

Fauvel, J., & Maanen, J.v. (Eds.). (2000). History in mathematics education: The ICMI study. Dordrecht, Netherland: Kluwer Academic Publishers.

Buku (3 penulis)

Riedesel, C.A., Schwartz, J.E. & Clements, D.H. (1996). Teaching elementary school mathematics. Boston, USA: Allyn & Bacon.

Artikel dalam Buku

Tzanakis, C., & Arcavi, A. (2000). Integrating history of mathematics in the classroom: An analytic survey. In J. Fauvel, & J. van Maanen (Eds.), History in mathematics education (pp. 201–240). The ICMI Study. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Artikel di Internet

Fauvel, J. (2000). The role of history of mathematics within a university mathematics curriculum for the 21st century (Artikel web). Diakses di http://www.bham.ac.uk/ctimath/talum/newsletter

Hughes, B. (2011, Agustus). Completing the Square- Quadratic using addition (Artikel web). Diakses di http://www.maa.org/press/periodicals/convergence/completing-the-square-quadratics-using-addition

History of Mathematics. (t.t). dalam Wikipedia. Diakses di https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_Mathematics

Muhammad ibn Musa al-Khwarizmi. (t.t). dalam Wikipedia. Diakses di https://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_ibn_Musa_al-Khwarizmi

O'Connor, J.J. & Robertson, E.F. (1999, Juli). Abu Ja'far Muhammad ibn Musa Al-Khwarizmi (Artikel web). Diaskes di  http://www-history.mcs.st-and.ac.uk/history/Biographies/Al-Khwarizmi.html

Jurnal (Diakses Online)

Goodwin, D.M. (2010). The importance of mathematics teachers knowing their mathematics history. The Journal for Liberal Art and Science, 14/2, 86-90. Diakses di http://www.oak.edu/academics/school-arts-sciences-jlas-archive.php#Fa2010

Panasuk, R.M & Horton, L.B. (2012). Integrating history of mathematics into curriculum: what are the chances and constraints? IEJME, 7/1, 3-20. Diakses di http://www.iejme.com/makale/284

Jurnal (DOI)

Jankvist, U.Th. (2009b). A categorization of the ‘whys‘ and ‘hows‘ of using history in mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 71(3), 235-261. Doi:10.1007/s10649-008-9174-9

Sembiring, R.K., Hadi, S., & Dolk, M. (2008). Reforming mathematics learning in Indonesian classroom through RME. ZDM: The international journal on mathematics education, 40(6), 927-939. doi: 10.1007/s11858-008-0125-9

Skripsi/Tesis/Disertasi

Jankvist, U.Th. (2009a). Using history as a goal in mathematics education (Master thesis). Diakses di http://milne.ruc.dk/imfufatekster/pdf/464.pdf

Makalah Seminar/Konferensi

Lawrence, S. (2008). History of mathematics making its way through the teacher networks: professional learning environment and the history of mathematics in mathematics curriculum. Paper presented at 10th ICME, Mexico. 

Wahyu, K. (2015, November). Changing mathematics classroom setting: looking into students’ response and performance in learning. Paper presented at International Conference on Mathematics, Science and Education Mataram University, Mataram - Indonesia.