Penerapan teori belajar Van Hiele pada materi segiempat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP

Main Article Content

Magrib Magrib

Abstract

Penelitian menerapkan teori belajar Van Hiele pada materi segiempat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dilaksanakan dalam tiga siklus. Data prestasi belajar siswa diperoleh melalui evaluasi belajar, data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan data aktivitas guru diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian siklus I meliputi skor aktivitas belajar siswa rata-rata sebesar 7,33 yang berkategori kurang aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata sebesar 73,3 dengan ketuntasan belajar sebesar 77%. Sedangkan hasil penelitian siklus II meliputi skor aktivitas belajar siswa rata-rata sebesar 10,67 yang berkategori aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata sebesar 63,8 dengan ketuntasan belajar sebesar 60,4%. Kemudian hasil penelitian siklus III meliputi skor aktivitas belajar siswa rata-rata sebesar 13,33 yang berkategori aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata sebesar 76,9 dengan ketuntasan belajar sebesar 79,2%. Berdasarkan hasil penelitian serta ketercapaian indikator kerja dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar Van Hiele pada materi segiempat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP.

Article Details

How to Cite
Magrib, M. (2018). Penerapan teori belajar Van Hiele pada materi segiempat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP. JP3M: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(2), 68-79. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/71
Section
Articles