Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon

  • Ridha Yoni Astika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Bambang Sri Anggoro Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Keywords: Media Pembelajaran, SPLDV, Powtoon

Abstract

This research is a development research aimed at developing powtoon-assisted learning media, knowing student responses, and effectiveness. The procedure in this development uses a 4-D development model, namely: Define, Design, Develop, and Disseminate. The product developed was in the form of a learning media video on a two-variable linear equation system material for VIII grade students. The instruments used in this study are learning media assessment sheets by experts to measure the validity of learning media, student response questionnaires to measure the attractiveness of learning media, as well as learning outcomes tests to measure the effectiveness of the use of instructional media.

References

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo. 2011.

ABD.Qohar, Danang Setyadi, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret’, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8 (2017), 1–7

Aditya, Prihayuda Tatang, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkarang Bagi Siswa Kelas VIII’, Jurnal Matematika Statistik & Komputasi, 15 (2018), 64–74

Andrianti, Yeni, L R Retno Susanti, and Hudaidah, ‘Pengembangan Media PowToon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah’, Jurnal Criksetra, 5 (2016), 58–68

Anggiasari, Tiara. Pengertian Powtoon. Academia. Retrieved from https://www.academia.edu/36086331/Pengertian_Powtoon.

Budiyono, Agus, 'Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argyment Based Science Inquiry (ABSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi', Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4 (2016), 84-93

et. al, Aji Arif Nugroho, ‘Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika’, Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2017), 197–204

Hasyim, Adelina. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi. 2016.

Hendriawan, Muhammad Ardiansyah, and Guntur Maulana Muhammad, ‘Pengembangan JIMATH Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas’, MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6 (2018), 274–88

Hidayatulloh, M. (2017). Pengembangan Meedia Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash Pada Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Kelas XII SMA Negeri 16 Makasar. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, Makassar.

Nurdiansyah, Edwin, Emil El Faisal, dan Sulkipani, 'Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowToon Pada Perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan', Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15 (2018), 1-8

Pujiriyanto, 2012, Teknologi Untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Putra, Raka Aci dan Janet T. Manoy, 'Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology dengan Software Macromedia 8 pada Materi Segiempat', Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3 (2016)

Rohinah, ‘Pengembangan Aplikasi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Android Di Sekolah Menengah Atas’, Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 1 (2015), 79–94

Rosmayanti, Dea, and Luvy Sylviana Zanthy, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic Application PowerPoint Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel’, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2 (2019), 401–14

Sandiyanti, Ageng dan Rosida Rakhmawati, 'Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Berbasis Quantum Learning pada Materi Peluang', Desimal, 1 (2018), 157-164

Salafudin, Santika Lya Diah Pramesti, and Juwita Rini, ‘Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berwawasan Nasionalisme Dan Kemandirian’, MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6 (2018), 20–3

Wisudawan, Wahyudin, Benny Hendriana, Ishaq Nuriadin, and Harry Ramza, ‘Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning Bangun Datar Berbasis Android Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Pelajaran Matematika Di Tingkat SMP’, Seminar Nasional TEKNOKA, 2 (2017), 1–13

Published
2020-01-10
How to Cite
Ridha Yoni Astika, Bambang Sri Anggoro, & Siska Andriani. (2020). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. JP3M: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika , 2(2), 85-96. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/29