Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

  • Farah Heniati Santosa UNW Mataram
  • Habibi Ratu Perwira Negara
  • Samsul Bahri Universitas Nahdlatul Wathan
Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis;, Google Classroom;, Pembelajaran Daring;, LMS;

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran google classroom terhadap penalaran matematis siswa Penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan jenis one-shot case yang melibatkan satu kelas siswa kelas XI yang terdiri dari 20 siswa di salah satu SMA di Kota Mataram. Intrumen penelitian berupa tes, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan uji one sample t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa efektif. Sikap disiplin siswa dapat dilatih pada LMS google classroom ini. Temuan lain, berupa penyempurnaan penerapan google classroom dalam pembelajaran adalah perlu adanya aplikasi pendukung yang dapat memfasilitasi guru dan siswa dapat bertatap muka langsung via jaringan (web) seperti penggunaan google mett.

Abstract: This study aims to determine the effectiveness of google classroom learning on students' mathematical reasoning. This research is a pre-experimental research with one-shot case type involving one class of class XI students consisting of 20 students in one high school in the city of Mataram. Research instruments in the form of tests, observations and interviews. Data analysis using one sample t-test. The results showed that learning to use google classroom on students' mathematical reasoning abilities was effective. Disciplinary attitude of students can be trained in this Google classroom LMS. Another finding, in the form of improving the implementation of google classroom in learning, is the need for supporting applications that can facilitate teachers and students face to face directly via the network (web) such as the use of Google mett.

References

Daftar Pustaka

Barrody, A, J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8 Helping Children Think Mathematically. New York: Macmillan Publishing Company.

BNSP. (2006). Standar Isi. Jakarta: BNSP.

Bozkus, F., & Ayvaz., U. (2018). Middle School Mathematics Teachers’ Knowledge of Mathematical Reasoning. European Journal of Education Studies, 4(9), 16–34.

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006: Standar Isi Mata Pelajaran Matematika untuk SMA/MA. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Drijvers, P., Boon, P., & V. R. (2010). Algebra and technology. In P. Drijvers (Ed.), Secondary algebra education. Revisiting topics and themes and exploring the unknown(pp. 179-202). Rotterdam, The Netherlands: Sense.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (n.d.). PENGEMBANGAN KELAS VIRTUAL DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH ( PROBLEM SOLVING ) TOPIK VEKTOR PADA SISWA SMK UNTUK. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Kurniawan, H. (2016). google classroom. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 2(1), 56–67.

Najamuddin, Negara, H. R. P., Ramdhani, D., & Nurman, M. (2019). Studi Hubungan Penggunaan Facebook Terhadap. 17(1), 70–86.

NCTM. (1989). Principles and standards for school mathematics. Reston, Virginia: NCTM. INC.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., Indrawati, Bahri, S., & Samsuriadi. (2019). Komparasi kemampuan penalaran matematis mahasiswa ditinjau dari gaya kognitif. 2(2), 142–153.

Sudihartinih, E., & Wahyudin, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital: Studi Penggunaan Geogebra Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tatsqif, 17(1), 87–103. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.944

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, FPMIPA UPI.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Siswa dalam Pelajaran Matematika. Disertasi doktor pada PPS IKIP Bandung: Tidak dipublikasikan.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran & Model-model pembelajaran:Pelengkap untuk meningkatkan kompetensi pedagogis para guru dan calon guru profesional. Bandung: Mandiri.

Wikipedia. (n.d.). Google Classroom. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Kelas

Published
2020-06-06
How to Cite
Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62-70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254
Section
Articles