Construct 2 Berbasis Android Sebagai Bahan Ajar Relasi dan Fungsi

  • Resti Pangestu Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Farida Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Keywords: Bahan Ajar, Android, Construct 2, Relasi dan Fungsi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbantuan Construct 2, mengetahui respon mahasiswa, dan melihat keefektivan. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar M-learning berbasis android berbantuan Construct 2 pada materi relasi dan fungsi. Bahan ajar ini mendapatkan penilaian dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,40 pada ahli materi dan termasuk kategori valid dengan nilai 3,54 pada ahli media. Pada uji coba skala kecil yang diikuti oleh kelas 3C dan kelas 5D dengan masing-masing 10 mahasiswa memperoleh skor rata-rata 3,47 dengan kriteria sangat menarik. Pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 30 mahasiswa kelas 3E skor rata-rata kemenarikan yang diperoleh yaitu 3,57 dan kelas 5C dengan rata-rata 3,38 dengan kriteria sangat menarik. Hasil uji effect size pada kelas 3E dengan hasil 0,56 dan pada kelas 5C sebesar 0,57 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar M-learning berbasis android berbantuan construct 2 pada materi relasi dan fungsi layak dan efektif untuk dijadikan alat bantu pembelajaran.

Abstract: This research and development uses the ADDIE model which includes 5 steps namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of this study are android-based M-learning teaching materials assisted by Construct 2 on the subject matter of relations and functions. This teaching material gets an assessment in the valid category with an average value of 3.40 in the material experts and includes a valid category with a value of 3.54 in the media expert. In small-scale trials followed by 3C and 5D classes with 10 students each getting an average score of 3.47 with very interesting criteria. In the large-scale field trial which was attended by 30 students of 3E grade the average score of attractiveness was 3.57 and grade 5C with an average of 3.38 with very interesting criteria. Effect size test results in class 3E with 0.56 results and in class 5C of 0.57 with moderate criteria. Based on these results it can be concluded that the Android-based M-learning teaching material is assisted by construct 2 on the material of the relation and the function is feasible and effective to be used as a learning aid.

References

Anggraini, Hesti Wahyuni, Hardini Novianti, and Ali Bardadi. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Pada Mahasiswa. Journal of Computer Engineering System and Science, Volume 3, 83–86.

Anwar, Moh. Khoerul. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Volume 2.

Fazar, Ibnu, Zulkardi, and Somakim. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Menggunakan Aplikasi Geogebra. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, Volume 9, 6–11.

Gazali, Ramita Yuliana. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Journal Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 11, 182–92.

Masykur, Rubhan and et.al. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash. 8(2).

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Pusat Diva Press.

Purnama, Rio Bagus, Feriansyah Sesunan, and Chandra Ertikanto. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Usaha Dan Energi". Jurnal Pembelajaran Fisika, Volume 5, 63–74.

Saputro, Titon Agung, Kriswandani, and Novisita Ratu. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, Volume 2, 1–8.

Setyadi, Danang. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Jurnal Satya Widya, Volume 33, 87–92.

Taufik, Mohammad, and Andi Kristanto. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Mata Pelajaran Fisika Materi Listrik Arus Searah Kelas XI SMK Negeri 2 Kediri”. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1–8.

Published
2020-06-01
How to Cite
Resti Pangestu, Farida, & Siska Andriani. (2020). Construct 2 Berbasis Android Sebagai Bahan Ajar Relasi dan Fungsi. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 17-28. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.164
Section
Articles