Perbandingan newman error analysis (NEA) siswa menghafal dan tidak menghafal al-qur’an dalam menyelesaikan soal-soal cerita

Main Article Content

RIANA RIANA

Abstract

Abstrak: Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memberikan informasi pada bidang pendidikan terkait perbandingan Analisis Kesalahan Newman (NEA) antara siswa yang menghafal dan tidak menghafal Al-Qur’an dalam menyelesaikan soal-soal matematika dalam bentuk soal cerita, dan membantu pendidik untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dalam bentuk soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah 4 siswa dari 20 siswa kelas XI IPS MA Al-Ikhlashiyah Sisik Timur, 2 siswa yang menghafal Al-Qur’an dan 2 siswa yang tidak menghafal Al-Qur’an. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menujukkan adanya perbedaan Analisis Kesalahan Newman (Newman Error Analysis-NEA) antara siswa yang menghafal dan tidak menghafal al-qur’an dalam menyelesaikan soal-soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) rata-rata siswa kesulitan menyelesaikan soal-soal matematika dalam bentuk soal cerita yaitu pada keterampilan proses (Processing Skills).


 


Abstract: The purpose of this study is to comparison Newman Error Analysis (NEA) between students are memorize and not memorize Al-Quran in solving system of linear equations in two variables, and assisting teachers to determine where misunderstandings occurred and where to target effective teaching strategies to overcome them. This is the qualitative research, and the subject of research consists of 4 students from 20 students in grade 10th of MA Al-Ikhlashiyah Sisik Timur, with respectively two students are memorize Al-Quran, and two students are not memorize Al-Quran. Data was collected by tests and interviews. The result of this research is there are differences Newman’s Error Analysis (NEA) Between Students Are Memorize and Not Memorize Al-Quran in Solving Math Word Problems of System of Linear Equations In Two Variables most errors occur in processing skill.

Article Details

How to Cite
RIANA, R. (2018). Perbandingan newman error analysis (NEA) siswa menghafal dan tidak menghafal al-qur’an dalam menyelesaikan soal-soal cerita. JP3M: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(2), 1-12. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/16
Section
Articles