Evaluasi Program Pembelajaran Matematika Kelas X di SMA Negeri Kabupaten Lombok Tengah

Main Article Content

Riana Riana
Rini Muliani

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model Countenance Stake, dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah divalidasi dengan menggunakan validitas isi dan validitas konstrak. Setelah melakukan analisis, maka instrumen tersebut dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelengkapan komponen pada rencana pelaksanaan pembelajaran Matematika kelas X berada dalam kategori sangat baik, sedangkan kesesuaiannya dengan silabus berada dalam kategori cukup baik. (2) pelaksanaan pembelajaran Matematika kelas X berada dalam kategori baik. (3) pelaksanaan penilaian pembelajaran Matematika juga berada dalam kategori baik. (4) hasil belajar peserta didik sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Article Details

How to Cite
Riana, R., & Muliani, R. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Matematika Kelas X di SMA Negeri Kabupaten Lombok Tengah. JP3M: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(2), 1 - 16. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/153
Section
Articles

References

Fernandes, H.J.X. (1984). Evaluation of Educational Program. Jakarta: National Education, Orientation and Curricullum Development.
Fitzpatrick, J.L., Sanders, J.R., & Worthen, B.R. (2004). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines.
Green, SM., Voegeli, D., Harrison, M., Shephard, K. (2003). Evaluating the Use of Streaming Video to Support Student Learning in a First-Year Life Science Course for Student Nurses. Journal of Nurse Education, 23 (4): 255. doi: 10.1016/S0260-6917(03)00014-5.
Hanum, N., S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Shandy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 1 (3) 90 – 102.
Lukum, A. (2015) Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1) 25 – 37.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran, Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
McDavid, J. C., & Hawthorn, L. R. L. (2006). Program evaluation & performance measurement: An introduction to practice. Thousand Oaks: SAGE Publications.
Mertens. (2010). Research and Evaluation in Education and Psychology. SAGE Publications: Singapore.