Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI SD

Main Article Content

Aspari Aspari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigasi pada siswa kelas VI SDN Pemepek yang dilaksanakan dengan pendekkatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, pengumpulan data dengan metode Observasi,  interview, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,00%), siklus II (75,00%), siklus III (85,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Group Investigasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa  kelas VI SDN Pemepek.

Article Details

How to Cite
Aspari, A. (2019). Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI SD. JP3M: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 11 - 25. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/143
Section
Articles

References

Ali, Muhammad. (1996). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto, Suharsimi. (1993). Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarata: Rineksa Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Azhar, Lalu Muhammad. (1993). Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.
Daroeso, Bambang. (1989). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Putra.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Rineksa Putra.
Felder, Richad M. (1994). Cooperative Learning In The Technical Corse, (online), (Pcll\d\My% Document\Coop % 20 Report.
Hadi, Sutrisno. (1982). Metodologi Research Jilid I. Yogayakarta: yp. Fak. Psikologi UGM.
Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hasibuan, JJ. dan Moerdjiono. (1998). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. (1997). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Masriyah. (1999). Analisis Butir Tes. Surabaya: Universiats Press.
Ngalim, Purwanto M. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, Moh. (2001). Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya: University Press. Universitas Negeri Srabaya.
Nur, Muhammad. (1996). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Riduwan. (2017). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru–Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rustiyah, N.K. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto. Toeti. (1997). Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soetomo, (1993). Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sudjana, N dan Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana. (1996). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sukidin, dkk. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surakhamad, Winarno. (1990). Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.