Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika <h4 style="text-align: justify;">Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | <a href="https://drive.google.com/open?id=1CoYjwefQ6sgC2QGjSTG568f6C8TFk8FG" target="_blank" rel="noopener">ISSN&nbsp;2622-2159 (Online)</a>&nbsp;|&nbsp;<a href="https://drive.google.com/open?id=1Rd-f2Op8SpS8-3DVdgT47puNCkGkML0o" target="_blank" rel="noopener">ISSN&nbsp;2622-4763 (Print)</a>)&nbsp;adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, STMIK Bumigora Mataram dan UM Mataram. Adapun cakupan publikasi JARTIKA adalah hasil penelitian atau kajian kritis di bidang kependidikan, meliputi (1) matematika dan ilmu alam (fisika, kimia, biologi, sains, ICT, dan aplikasinya); (2) ilmu sosial, sejarah, geografi, budaya, dan ekonomi; (3) bahasa dan sastra, dan (4) pendidikan dasar. JARTIKA terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan&nbsp;Juli.</h4> en-US abialmusthafa@gmail.com (Syaharuddin, S.Pd., M.Si) habib.ratu27@gmail.com (Habib Ratu Perwira Negara, M.Pd) Mon, 15 Jul 2019 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Studi Tentang Model Pembelajaran Matematika Efektif Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/76 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran matematika efektif pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa. Peneliti menggunakan angket dalam proses pengambilan data. Adapun responden terdiri dari guru, siswa, kepala sekolah dan civitas akademika yang ada di SLB tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus di SLB tersebut khususnya pada anak tunagrahita menggunakan model pembelajaran tematik. Model pembelajaran tematik memberikan kontribusi yang signifikan terhadap proses pembelajaran di SLB dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif khususnya pada pelajaran matematika karena sudah mencapai indikator pembelajaran efektif.</p> Saimun Saimun ##submission.copyrightStatement## http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/76 Fri, 18 Jan 2019 16:58:56 +0000 Analisis Pengelolaan Kelas Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia di SMK http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/77 <p style="text-align: justify;"><strong>Abstrak:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan kelas pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berbasis multimedia pada jenjang sekolah menengah kejuruan. Hal ini dilakukan karena pada jenjang ini terkadang banyak ditemukan ketidaksesuaian antara pelaksanaan dan perencanaan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta persepsi siswa terhadap pembelajaran berbasis multimedia sudah sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditentukan</p> <p style="text-align: justify;">&nbsp;</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Abstract</strong>: This study aims to analyze the management of Islamic religious education and multimedia-based learning classes at the vocational high school level. This research was conducted because at this level there are sometimes many discrepancies between implementation and planning. The approach used is descriptive qualitative with the collection method consisting of observation, interviews, and documentation. Based on the results of the study obtained information that planning, implementation, evaluation, and students' perceptions of multimedia-based learning are in accordance with predetermined competency standards</p> Hanafi Hanafi ##submission.copyrightStatement## http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/77 Fri, 18 Jan 2019 17:02:16 +0000 Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Pada Mahasiswa Semester I Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/95 <p><strong>Abstrak</strong><strong><em>:</em></strong> Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis <em>Open Ended</em> dapat meningkatkan hasil belajar Matematika mahasiswa Akuntansi S1 semester I Universitas Pamulang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil ujian pada siklus pertama, 15 dari 35 mahasiswa atau 43% mahasiswa lulus materi “Hubungan Fungsi dengan Derivatif”. Sedang pada siklus kedua, 32 dari 35 mahasiswa yang memperoleh nilai yang termasuk kriteria lulus, yakni antara 60-95. Ada peningkatan hasil belajar dan persentase mahasiswa yang lulus yakni dari 43% menjadi 91%. Disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis <em>Open Ended</em> ternyata disukai oleh mahasiswa karena dapat meningkatkan hasil belajar, selain itu, mahasiswa dapat menyampaikan gagasan atau ide terkait dengan bagaimana memecahkan suatu masalah Matematika dengan konsep yang bervariasi.</p> <p>&nbsp;<strong>Kata kunci</strong>: Open Ended, Matematika.</p> <p>&nbsp;&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstract:</strong> This study aims to describe the implementation of Open Ended-based learning can improve Mathematics learning outcomes of the first semester S1 Accounting students at the University of Pamulang. Data collection is done by observation and tests. The results of the exam in the first cycle, 15 of 35 students or 43% of students passed the material "Relationship of Functions with Derivatives". While in the second cycle, 32 of the 35 students who received grades included in the criteria for graduation, namely between 60-95. There is an increase in learning outcomes and the percentage of students who graduate, from 43% to 91%. It was concluded that Open Ended based learning turned out to be favored by students because it could improve learning outcomes, in addition, students could convey ideas or ideas related to how to solve a Mathematical problem with varied concepts.</p> <p><strong>Keywords</strong>: Open Ended, Mathematic</p> Nelly Budiyarti ##submission.copyrightStatement## http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/95 Mon, 21 Jan 2019 07:23:05 +0000 Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/107 <p style="text-align: justify;"><strong>Abstrak</strong>: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul berbasis <em>Problem Based Learning</em> (PBL) guna memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi (KBMTT) siswa; (2) mengetahui kualitas modul berbasis PBL berdasarkan peringkat validator; dan (3) mengetahui efektivitas modul tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap pengujian produk. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian modul berbasis PBL dan tes KBMTT. Subjek penelitian adalah pihak-pihak yang terlibat selama proses pengujian produk, yaitu validator modul berbasis PBL dan siswa yang akan menggunakan modul tersebut. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data pengembangan modul, kualitas modul, dan efektivitas penggunaan modul. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modul matematika berbasis PBL untuk memfasilitasi keterampilan berpikir matematika tingkat tinggi yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Kata </strong><strong>Kunci</strong>: Modul berbasis PBL, Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Abstract</em></strong> <em>: This study aims to (1) develop a module based on Problem Based Learning (PBL) to facilitate High Level Mathematical Thinking Ability (KBMTT) of students; (2) knowing the quality of PBL-based modules based on validator ratings; and (3) knowing the effectiveness of the module. This research includes development research, including the preliminary stage, the development stage, and the product testing phase. The instruments used included the PBL-based module assessment sheet and the KBMTT test. The research subjects are the parties involved during the product testing process, namely PBL-based module validators and students who will use the module. The data analysis in this study includes module development data analysis, module quality, and module usage effectiveness. The products produced from this study are PBL-based mathematical modules to facilitate high-level mathematical thinking skills equipped with learning devices. </em></p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Keywords</em></strong><em>: PBL-based Modules, High Level Mathematical Thinking Ability</em></p> Siti Mutmainah, Evi Hermawati, Frendi Maulana ##submission.copyrightStatement## http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/107 Wed, 23 Jan 2019 06:43:34 +0000 Mitigasi Struktural Berbasis 3D Google SketchUp Pada Sekolah Muhammadiyah Rawan Tanah Longsor di Kabupaten Karanganyar http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/109 <p style="text-align: justify;"><strong>Abstrak<em>:</em></strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan kondisi struktur fisik bangunan Sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Karanganyar terhadap bencana tanah longsor dengan dikombinasikan melalui pemodelan tiga dimensi menggunakan Google <em>SketchUp</em>. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Pembuatan <em>SketchUp</em> didasarkan pada observasi dan pengukuran di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase kelayakan bangunan SD IT Muhammadiyah Jumapolo mencapai 77,19 % dan SD Muhammadiyah Jatiyoso memiliki persentase yaitu 51,41%. Maka dari itu, SD Muhammadiyah Jatiyoso memerlukan perhatian khusus dalam hal mitigasi struktural untuk menghadapi bencana tanah longsor.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Kata kunci:</strong> Mitigasi Struktural; Tanah Longsor; Google SketchUp</p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Abstract: </em></strong><em>This research purposes to knowing the expediency level from the physic structure condition building of Muhammadiyah schools in Karanganyar toward disaster combination through three dimension Google SketchUp. The research design used in this study is descriptive quantitative methods. Quantitative data collected by research instrumental of inquiry observation by questionare. Making SketchUp based of observation and square measuring.&nbsp; The result of this research is indicate the expediency of schools building focused on SD IT Jumapolo have reached 77.19% and SD Muhammadiyah Jatiyoso by reached 51.41%.&nbsp; So, SD Muhammadiyah Jatiyoso must be more respected for structural mitigation disaster participation.</em></p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Keywords</em></strong> : <em>Structural Mitigation, Landslide Disaster</em>, <em>Google</em> <em>SketchUp</em></p> Muhammad Rizal Pahleviannur, Muhammad Hafidhudin Anwar, Salma Lutfiani Sochiba, Angga Yuda Prasetyo, Jumar Febrianto, Abdul Aziiz Rayh Gilang ##submission.copyrightStatement## http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/109 Wed, 23 Jan 2019 14:46:28 +0000 Analisis Kapasitas SMP Muhammadiyah 6 Jenawi Dalam Menghadapi Ancaman Bencana Tanah Longsor http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/110 <p><strong>Abstrak: </strong>Kapasitas bencana perlu ditingkatkan untuk mengurangi risiko bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan warga sekolah SMP Muhammadiyah 6 Jenawi dalam menghadapi ancaman bencana tanah longsor dan mengetahui kapasitas fisik bangunan sekolah SMP Muhammdiyah 6 Jenawi. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah warga sekolah SMP Muhammadiyah 6 Jenawi. Sampel penelitian sebanyak 30 responden siswa, 12 responden guru, dan seorang kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan siswa 76,3%, guru 83,9% dan kebijakan kepala sekolah 76,2 %. Dimana mayoritas pengetahuan guru berada pada tingkat yang cukup tinggi dan diikuti oleh siswa yang juga cukup lumayan, hal tersebut bergantung kepada kebijakan yang diterapkan oleh kepala sekolah. Kondisi fisik bangunan sekolah berada pada tingkat 53,3% sesuai dengan bangunan aman pada kesiapsiagaan bencana tanah longsor yang dapat dinilai cukup dalam kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana tanah longsor.</p> <p><strong>Kata </strong><strong>kunci</strong><strong>&nbsp;: </strong>Kapasitas, Pengetahuan, Ancaman Bencana</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Abstract: </em></strong><em>Disaster capacity needs to be increased to reduce disaster risk. The purpose of this study was to determine the level of knowledge of the Muhammadiyah 6 Jenawi Middle School students in facing the threat of landslides and to know the physical capacity of the 6-Gen. Muhammadiyah Middle School building. This type of research is quantitative descriptive. The study population was residents of the 6 Jenawi Muhammadiyah Middle School. The study sample consisted of 30 student respondents, 12 teacher respondents, and a school principal. The results showed that students' knowledge was 76.3%, teachers were 83.9% and the principal's policy was 76.2%. Where the majority of teacher knowledge is at a fairly high level and is followed by students who are also quite good, it depends on the policies applied by the principal. The physical condition of school buildings is at the level of 53.3% in accordance with safe buildings in landslide preparedness that can be considered sufficient in preparedness to face the threat of landslides.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Capability, Knowledge, Disaster Risk</em></p> Arif Nur Fajriyanto, Eka Septiyaningsih, Nida Hanifah, Bagas Anindra Murdiansyah, Ramadhini Rudi Santoso, Fitri Nur Aini ##submission.copyrightStatement## http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/110 Sat, 26 Jan 2019 23:06:17 +0000