Analisis Pengelolaan Kelas Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia di SMK

Main Article Content

Hanafi Hanafi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan kelas pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berbasis multimedia pada jenjang sekolah menengah kejuruan. Hal ini dilakukan karena pada jenjang ini terkadang banyak ditemukan ketidaksesuaian antara pelaksanaan dan perencanaan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta persepsi siswa terhadap pembelajaran berbasis multimedia sudah sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditentukan


 


Abstract: This study aims to analyze the management of Islamic religious education and multimedia-based learning classes at the vocational high school level. This research was conducted because at this level there are sometimes many discrepancies between implementation and planning. The approach used is descriptive qualitative with the collection method consisting of observation, interviews, and documentation. Based on the results of the study obtained information that planning, implementation, evaluation, and students' perceptions of multimedia-based learning are in accordance with predetermined competency standards

Article Details

How to Cite
Hanafi, H. (2019). Analisis Pengelolaan Kelas Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia di SMK. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(2), 10-19. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/77
Section
Articles

References

Aunur Rofiq. (2009). Pengelolaan Kelas. Malang: Departemen Pendidikan Nasional
Ahmad Rohani. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Jhon W. Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta Selatan: Salemba Humanika
Kurniawati. (2010). Pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Mts Nurul Hidayah LabuliaTahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, IAIN Mataram
M. Hornan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia
Muhammad. (2008). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: PT RadjaGrafindo Persada

Napi’ah. (2011). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di SMP Muhajirin Praya. Skripsi, IAIN Mataram
Nurhayati. (2016). Strateg Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMPN 7 Mataram. Thesis, UIN Mataram
Pupuh Fathurrahman dan Sobry Sutikno. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Syaiful Bahri Djamarah. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2004). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Bima Karya
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta