Studi Tentang Model Pembelajaran Matematika Efektif Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB

Main Article Content

Saimun Saimun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran matematika efektif pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa. Peneliti menggunakan angket dalam proses pengambilan data. Adapun responden terdiri dari guru, siswa, kepala sekolah dan civitas akademika yang ada di SLB tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus di SLB tersebut khususnya pada anak tunagrahita menggunakan model pembelajaran tematik. Model pembelajaran tematik memberikan kontribusi yang signifikan terhadap proses pembelajaran di SLB dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif khususnya pada pelajaran matematika karena sudah mencapai indikator pembelajaran efektif.

Article Details

How to Cite
Saimun, S. (2019). Studi Tentang Model Pembelajaran Matematika Efektif Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(2), 01-09. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/76
Section
Articles

References

Al-Maraghi, Ahmad Mustfa. (1993). Tafsir Al-Maraghi jilid 1 Terjemahan Bahrun Abu Bakar dkk, Semarang: PT Karya Toha Putra Semarang
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bandi, Delphie. (2006). Pembelajaran Anak Tunagrahita (buku pengantar dalam pendidikan inklusi. Bandung : PT Refika Aditama.
Efendi, Muhammad. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkalainan, Jakarta: Bumi Aksara.
Kustanto D. (2016). Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Timur Press
Iskandar. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhammad, Jamila K. A. (2008). Special Education For Special Children, Bandung: Mizan Media Utama.
Pedoman Penyelenggara Pendidikan Terpadu/Inklusi. (2004). Alat Identivikasi Anak Berkebutuhan Khusus (Direktorat Pendidikan Luar Biasa).
Strauss, Anselm & Juliet Corbin. (2009). Dasar-dasar penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyono. (2005). Pembelajaran Efektif dan Produktif. Malang: UM Press
Widyantini. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Penetaan Guru
Yuwono, Joko. (2009). Memahami Anak Austistik (kajian teoritik dan empirik). Bandung: Alfabeta CV.
Zaenal, Alimin. (2011). Metode Pembelajaran Anak Tunagrahita (Intelectual Disability) Melalui Pendekatan Konseling. Yogyakarta: Jassi Anakku Vol 2 No. 2.