Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA

  • Ardia Tita Kartika IAIN Bengkulu
  • Lydea Eftiwin IAIN Bengkulu
  • Mahdiya Fitri Lubis IAIN Bengkulu
  • Ahmad Walid IAIN Bengkulu
Keywords: Berpikir kritis, Post-test, Pre-test

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kualitatif sebagai pendekatannya. Dalam penelitian ini sampel terdiri dari 30 siswa di kelas VIII G dan 28 siswa di kelas VIII H. Teknik pengumpulan data dengan mengadakan Pre-test dan Post-test tentang kemampuan berpikir siswa pada materi sains SMP. Instrumen penelitian terdiri dari 15 item Pre-test dan 15 pertanyaan Post-test yang telah disesuaikan menggunakan rubrik penilaian. Penelitian ini menyajikan hasil berupa tingkat keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan metode pemecahan masalah secara keseluruhan memiliki kemampuan berpikir kritis lebih cepat daripada siswa yang belajar menggunakan metode ceramah. Tingkat keterampilan berpikir kritis siswa kelas delapan terdistribusi normal, sehingga dapat dikatakan meningkat.

Abstract: This research was conducted with the aim to determine the level of understanding of students in junior high school about science subjects. This research uses descriptive and qualitative methods as its consideration. In this study, the sample consisted of 30 students in class VIII G and 28 students in class VIII H. Data collection techniques with Pre-test and Post-test about students' thinking abilities on junior high school material. The research instrument consisted of 15 Pre-test items and 15 Post-test questions that had been adjusted using rubrics. This study presents the results of research on eighth-grade students. The results of the study showed students who used the problem-solving method to all participants who used the lecture method. The level of critical thinking skills in class of students is normally distributed so that it can be completed increased.

References

Ahmatika, D. (2016). peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery. Jurnal Euclid, 3(1).

Elfada, V. S., Chandra, E., & Mulyani, A. (2015). Analisis Kualitas Representasi Visual Buku Biologi Sma Kelas Xi Kurikulum 2013pada Materi Sel. Scientiae Educatia, 5(2), 14.

Kaleiloglu, F., & Gulbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking Disposition in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17 (1), 248–258.

Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadri IPA Melalui Pendektan Saintifik Pada Mata Kuliah IPA Terpadu. Indonesia Journal of Science Education / IJIS Edu, 1 (1), 71–84. https://doi.org/http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu

Nurkholifah, & Mayasari, T. (2018). profil berfikir kritis pelajaran fisika siswa SMP. Seminar Nasional Quantum, (25).

Patonah, S. (2014). Elemen Bernalar Tujuan pada Pembelajaran IPA Melalui pendekatan Metakognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (2), 128–133. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3111.

Rahmawati, Yusrizal, & Hasan, M. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Berbasis Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pokok Bahan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(01).

Tri Wiyoko. (2019). Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSDDengan Graded Response ModelsPada Pembelajaran IPA. Indonesia Journal of Science Education / IJIS Edu, 1 (1), 25–32. https://doi.org/http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu

Yenni, Syamswisna, & Marlina, R. (2018). Pengaruh Media Pembeajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sel Kelas Xi Mia Sma. EduNaturalia.

Yuliati, L. (2013). Efektivitas Bahan Ajar IPA Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9 (1), 55–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2580.

Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains.

Published
2020-01-06
Section
Articles