Pembelajaran Daring Struktur Aljabar dan Analisis Real Pada Masa Pandemi

  • Soraya Djamilah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ahmad Lazwardi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Keywords: online learning; algebraic structure, real analysis

Abstract

Abstrak: Struktur aljabar dan analisis real saling melengkapi dalam konstruksi tubuh matematika. Seorang calon guru harus menguasai dua cabang matematika ini khususnya pada bahasan yang berkaitan langsung dengan kurikulum matematika sekolah. Pandemi memaksa banyak pihak untuk beradaptasi dengan pembelajaran daring dalam waktu cepat. Padahal banyak mahasiswa belum terbiasa dengan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi dan metode, respon mahasiswa, serta hasil belajar pada pembelajaran daring mata kuliah struktur aljabar dan analisis real. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika yang mengikuti pembelajaran daring pada masa pandemi. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti, sedangkan instrumen pendukung adalah angket respon mahasiswa dan soal ujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aplikasi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran daring. Aplikasi yang digunakan ialah whatsapp, google classroom, zoom, dan youtube. Metode yang digunakan ialah penyampaian materi dalam bentuk tulisan dan video, diskusi, serta latihan soal. Mahasiswa lebih menyukai pembelajaran dengan aplikasi google classroom dan penyampaian materi dalam bentuk video. Hasil belajar mahasiswa baik.

Abstract: Algebraic structure and real analysis complement each other in the construction of the mathematics. A pre-service teacher must master these two branches of mathematics, especially in discussions that are directly related to the school mathematics curriculum. Pandemic forced many parties to adapt to online learning in a short time. Even though many students are not familiar with online learning. This study aims at describing the applications and methods, student responses, and learning outcomes in online learning of algebraic structure and real analysis courses. This study is a qualitative research. The subjects were Mathematics Education students who took part in online learning during the pandemic. The main instrument was the researcher, while the supporting instruments were the student response questionnaire and exam questions. The results showed that there were several applications and methods used in online learning. The applications used are whatsapp, google classroom, zoom, and youtube. The methods used is the delivery of material in the form of writing and video, discussion, and exercises. Students prefer learning with the google classroom application and delivering material in the form of video. Student learning outcomes are good.

References

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Bilfaqih, Y., & Qamaruddin, N. (2015). Esensi Pengembangan. Sleman: deepublish.

Dirgantoro, K, P, S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166.

Harjanto, A. S., & Sumarni, S. (2019). Teachers ’ Experiences On The Use of Google. In 3rd English Language and Literature International Conference (ELLiC) (Vol. 3, pp. 172–178). Jakarta.

Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how? Journal of Education and Sciences, 3, 12–18.

Mafa, K. R. (2018). Capabilities of Google Classroom as a Teaching and Learning Tool in Higher Education. International Journal of Science Technology & Engineering, 5(5), 30–34.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173.

Prajana, A., & Informasi, P. T. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1, 122–133.

Purwaningrum, J. P., Bintoro, H. S., Pendidikan, P., Universitas, M., Kudus, M. K.-, & Tengah, J. (2018). Miskonsepsi matematika materi bilangan pada mahasiswa calon guru sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional MIPA 2018 Magelang (pp. 173–180).

Suyudi, A., & Sugiyanto, W. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika UAD, 4(1), 1–6.

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152.

Yusepa, B. (2016). Kemampuan Abstraksi Matematis Sisiwa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) KLS VIII. Symetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, I(1), 54–60.

Published
2020-07-11
Section
Articles