Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia

  • Raden Wirawan STMIK Bina Adinata
  • Muhammad Awal Nur STMIK Bina Adinata
  • Rini Syahraeni STMIK Bina Adinata
Keywords: Adobe Flash; Application; Interactive; Multimedia

Abstract

Abstrak: Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan besar dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membentuk sikap, kecerdasan, dan kepribadian seorang anak dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi pembelajaran matematika interaktif berbasis multimedia adobe flash bagi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan multimedia dengan visual modeling menggunakan UML dan Corel Draw X7. Pembelajaran matematika interaktif ini merupakan media pembelajaran yang menyajikan materi, video dan suara berbentuk Adobe Flash Professional CS6. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran alternatif yang memberikan respon aktif bagi guru dan siswa melalui pengendalian komputer serta aplikasi ini menarik minat siswa dalam mempelajari matematika khususnya materi mengenai luas segi banyak dan lingkaran serta volume tabung dan prisma segitiga.

 

Abstract: Mathematics is one of the basic sciences that has a big role in daily life that can shape the attitude, intelligence, and personality of a child in the development of science and technology. The purpose of this research is to design an interactive mathematics learning application based on Adobe Flash for elementary school students. The research method used is multimedia development methods with visual modeling using UML and Corel Draw X7. The interactive mathematics learning is a learning medium that presents material, video and sound in the form of Adobe Flash Professional CS6. The result of this research is an alternative research medium that provides active response for teachers and students through computer control and this application attract students' interest in learning mathematics, especially material on the wide facets and circles and the volume of tubes and prisms triangle

References

Afrisal, A. S. (2015, Agustus). Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar Kelas I. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS), III(2), 10-21.

Erni Marlina, F. (2016, Februari 6). Perancangan Aplikasi Pembelajaran MAtematika dengan Rumus Bangun Datar dan RUang untuk Siswa SMP Frater Makassar. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 19-24.

Fatimah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash Profesional CS6 pada Materi Gula dan Hasil Olahnya untuk Siswa Kelas X Jasa Boga SMK Negeri 1 Sewon. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Jumarlis, M. (2016, Oktober). Implementasi Algoritma LCM pada Game Edukasi Matematika untuk Sekolah Dasae Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 5, 107-114.

Mila Jumarlis, R. W. (2019). An Application of Herbal Cough Medicine Selection Using Electre Method. Conference on Science and Technology. 1, hal. 22. Makassar: ICOST 2019.

Nur, M. A. (2017, Oktober). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 10 Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Al-Khawarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan, 5, 143-154.

Sugiharto, T. (2016, Mei). Rancang Bangun Pengembangan APlikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbais Multimedia Interaktif. Jejaring : Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 1(1), 22-30.

Waskito, D. (2014). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. Speed Journal – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 11(3), 59-65.

Wirawan, R. (2014, Juni). Visualisasi Bangunan Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar Berbasis Aplikasi 3 Dimensi. Jurnal IT, XIV, 1-6.

Yani Sugiyani, V. R. (2014, September). Perancanngan Aplikasi Edukatif Berbasis Multimedia untuk Memudahkan Siswa Belajar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal PROSISKO, 1, 55-59.

Published
2020-01-06
Section
Articles