Sistem Pendidikan Jarak Jauh Berbasis e-Learning Pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika I: Studi Kasus di Universitas Terbuka

  • Khaerul Anam Universitas Terbuka
  • Raden Sudarwo Universitas Terbuka
  • Gunawan Wiradharma Universitas Terbuka
Keywords: Online Tutorials, E-Learning, Distance Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan tutorial online berbasis e-learning dalam sistem pendidikan jarak jauh pada mata kuliah Pendidikan Matematika 1 di Universitas Terbuka. Penerapan yang dimaksud di sini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta apa saja kendala yang dihadapi selama kegiatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasilnya penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Tutorial di sediakan langsung dari UT pusat, tutor tinggal melaksanakan; (2) Pelaksanaan tutorial dimulai dengan membuat video sapaan pada setiap inisiasi, kemudian memantau dan menanggapi dari  pertanyaan atau tanggapan mahasiswa terhadap diskusi atau permasalahan yang disajikan, selanjutnya memeriksa dan memeberikan feedback terhadap tugas-tugas mahasiswa pada pertemuan ke 3, 5 dan 7; (3) Evaluasi dilihat dari kehadiran sebesar 20%, keaktifan mahasiswa dalam diskusi 30% dan tugas tutorial sebesar 50%. Nilai tutorial online akan berkontribusi jika nilai Ujian Akhir Semester lebih dari 30%; (4) Kendala yang dialami yaitu keterbatasan akses, tutor maupun mahasiswa masih kurang aktif, penulisan simbol-simbol Matematika.

Abstract: Distance Education System Based E-learning in Mathematics Education I) This study aims to find out how to apply e-learning-based online tutorials in the distance education system in Mathematics Education 1 course at Universitas Terbuka. The application referred in this study is the planning, implementation, evaluation, and the constraints encountered during the activity. The research method used in this study is the qualitative method with a case study approach.The results of this study indicate that (1)The planning is provided directly from the UT centre, the tutor only have to carry out the plan; (2)The tutoring begins by making a greeting video at each initiation, then monitoring and responding students' questions or responses on the discussions or issues presented, providing enrichment, then examining student assignments at the 3rd, 5th and 7th meeting; (3)Evaluation is seen from the attendance by 20%, the activeness of students in discussions by 30% and tutorial assignments by 50%. The value of online tutorials will contribute if the value of the Final Semester Examination is more than 30%; (4)The constraints experienced are as follows: The access is limited, the tutors and students are still less active, Mathematical symbols writing, the RAT SAT is not in accordance with the assignments or material in online tutorial activities.

References

Andriani, Eka. Sumarmi. Astina, I. K. (2016). Kompetensi Pedagogik Guru Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2106–2112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.7886

Caetano, G. A., & Zaro, M. (2018). The Impact of Using the Interactive Multimedia Book on Mathematics Learning: A Focus on 7th Grade Students Performance. Creative Education, 09(15), 2455–2476. https://doi.org/10.4236/ce.2018.915185

Faqih, A. (2012). Penerapan Konsep Perencanaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi. Teknologi, 1(1). https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i1.44

Imran, H. A. (2017). Fenomena Perkembangan ICT dan Media Cetak. Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika, 5(2), 139. https://doi.org/10.17933/jppi.2015.0502002

Mandalina, V., Syaharuddin, Firdaus, M., Abdillah, Pramita, D., & Negara, H. R. P. (2019). Math mobile learning app as an interactive multimedia learning mathematics. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 2548–2550.

P, S. J. (2010). Sejarah dan Perkembangan Komputer. Materi Kuliah Kompetensi ICT (Cyber PR), 1–11.

Paul Chow, & Pepe, T. M. (2015). Teacher’s attitudes towards technology in the classroom. ProQuest Dissertations and Theses, (April), 1–38. https://doi.org/10.1002/ejoc.201200111

Pratiwi, M. R. (2014). Peran ICT bagi Organisasi Media Massa dan Budaya Masyarakat. Jurnal Komunikator, 6(1), 20–26.

Radian, A. N. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Inventor dengan Kelengkapan Video Tutorial untuk Siswa ‎Teknik Pemesinan. Pendidikan Teknik Mesin, 3(3), 185–192.

Rubhan Masykur. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.8(No.2), 43–52.

SAIDE (South African Institute for Distance Education). (2014). Distance Higher Education Programmes in a Digital Era: Good Practice Guide. In Igarss 2014. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Sari, R. K. (2017). Persepsi Pengajar dan Pemelajar terhadap Penggunaan Teknologi dalam Pengajaran Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1548

Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1). https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310

Published
2020-07-11
Section
Articles