Pengembangan E-modul Berbasis Smartphone Pada Materi Integral Tak Tentu Berorientasi Keterampilan Abad Ke-21

  • Veronika Fany Monica Yuniarti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cecep Anwar H. F. Santosa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Development of Smartphone-Based E-modules; Indeterminate Integration; 21st Century Skills

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi e-modul berbasis smartphone pada materi integral tak tentu berorientasi keterampilan abad ke-21 yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi enam langkah. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil skor validasi ahli materi sebesar 4.2 termasuk kategori valid, ahli media diperoleh 3.8 termasuk kategori valid dan guru matematika diperoleh 3.7 termasuk kategori valid. Sedangkan hasil efektivitas diperoleh dari persentase ketuntasan 70% dengan kategori tinggi, dan n-gain sebesar 0,7682 termasuk kategori interpretasi tinggi. Lebih jauh, hasil praktis diperoleh 44.55 jumlah rata-rata skor pernyataan yang termasuk kategori sangat praktis dan 39.80 jumlah rata-rata skor pernyataan yang termasuk kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi e-modul berbasis smartphone merupakan media yang valid, praktis, dan efektif.

Abstract: The research aims to produce a valid, practical, and effective smartphone-based e-module applications 21st-century skills-oriented integral material. The Research method was developmental research (R&D) according to Borg and Gall which was modified into six steps. The results of the research show that the validity of material experts score is 4.2 (valid category), media experts obtained is 3.8 (valid category) and the mathematics teacher score is 3.7 (valid category). While the effectiveness results obtained from the percentage of completeness of 70% with a high category and n-gain of 0.7682 including the high interpretation category. As well as the practical results obtained 44.55 the average number of statements in the very practical category and 39.80 the average number of statements in the practical category. Based on these results it can be concluded that the development of smartphone-based e-module applications is a valid, practical, and effective medium.

References

Anasikhatussalafi. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Materi Logika Dan Algoritmas Untuk Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Muhammad, H. (2017). Panduan praktis penyusunan e-modul tahun 2017. Jakarta.

Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 70–78.

Putra, O. D., Darlius, & Harlin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Interaktif Pada Mata Kuliah Sistem Pemindah Tenaga Di Program Studi Pendidikan Teknik Medin FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(1), 29–37.

Putri, R. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi sistem koloid di sma negeri 2 banda aceh. Universitas Islam Negeri AR-Raniry.

Setiyawati, E. D., Sunardi, & Kurniati, D. (2017). Pengembangan Indikator 4C’s yang Selaras dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. 8(3), 134–144.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. . (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275.

Sugiyarti, L., Arif, A., & Jakarta, U. N. (2018). Pembelajaran abad 21 di sd. 439–444.

Sukir, Nurkhamid, & Nurdiyansyah. (2017). Kelayakan E-modul Berbasis Android Untuk Mendukung Pembelajaran Aplikasi PLC Sebagai Pengendali Mesin Pengisi Dan Penutup Botol Otomatis Di SMK. Jurnal Esukasi Elektro, 3(2), 88–98.

Susilawati, Anriani, N., & Hendrayana, A. A. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Abad 21 Untuk Guru Matematika (SMP/MTs) Pada Materi Peluang. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 529–533.

Yunendar, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Smartphone (Android) Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMA Negeri 2 Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Zaningsih, R. D. (2018). Pengembangan Aplikasi E-Modul Mobile Pembelajaran Matematika Berbasis Android Studio Pokok Bahasan Matriks. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Published
2020-07-10
Section
Articles