Impementasi Metode Penemuan Terbimbing Guna Meningkatan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika

  • Nurul Husnah Mustika Sari IAIN Pekalongan
Keywords: kepercayaan diri; belajar matematika; penemuan terbimbing

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI SMA dalam pembelajaran matematika melalui metode penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Model penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, angket, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode penemuan terbimbing berbantuan LKS yang digunakan sebagai media untuk melakukan kegiatan penemuan, kepercayaan diri siswa dapat meningkat. Peningkatan kepercayaan diri siswa kelas XI SMA dengan metode penemuan terbimbing dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang memiliki kepercayaan diri kategori sangat tinggi dan peningkatan rata-rata kepercayaan diri siswa secara klasikal setelah melakukan dua siklus tindakan.

Abstract:  This research aims to increase student’s self confidence in XI SMA in mathematics learning by using guided discovery learning. This research is an action research. It is a colaboated research by researcher and teacher. This reasearch used Kemmis & Mc. Taggart model. The subject of this research is students of XI SMA. The instruments that used in this research are observation sheets, questionnaire, and written test. Form this research, it is shown that guided discovery learning that used worksheet to discover concept, can be used to increase student’s self confidence. It can be seen from the increase in the percentage of student’s who have very high self confidence categories and the increase of student’s self confidence mean after two cycle

References

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.

Freeman, J., & Freeman, J. (2018). Educational Psychology in Practice. In In and Out of School (pp. 127–134). https://doi.org/10.4324/9781315231839-17

Goel, M., & Aggarwal, P. (2012). A Comparative Study of Self Confidence of Single Child and Child with Sibling. International Journal of Research in Social Science, 2(3), 89–98.

Jaap, S. (2013). What is Effective Schooling? A Review of Current Thought and Practice, 75.

Kirana, Y. C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing. TDEC, 12(2), 169–175.

Patti, J., Holzer, A., Stern, R. S., Floman, J., & Brackett, M. A. (2018). Leading with emotional intelligence. Educational Leadership, 75(9), 46–51. https://doi.org/10.1355/9789812305534-015

Pearman, R. (2011). The leading edge: Using emotional intelligence to enhance performance. T and D, 65(3), 68–71.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theory (Edition 6). Boston: Pearson.

Scott, C. (2015). Learn to teach: Teach to learn. Learn to Teach: Teach to Learn., 1–16.

Srivastava, S. (2013). To Study the Effect of Academic Achievement on the Level of Self Confidence. Journal of Psychosocial Research, 8(1), 41.

Sutawidjaja, A., & Afgani, J. (2015). Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika, 1–25.

Tripathi, Sujit R; Pragyendu; Kochar, Arshiya; Dara, P. (2015). Self-efficacy for self-regulation. Indian Journal of Positive Psychology, 6(4), 376–379.

Zahara, I. (2017). The Effectiveness Of Using Guided Discovery In Teaching Reading Comprehension. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 66–73. https://doi.org/10.19109/ejpp.v4i2.1563

Published
2020-01-06
Section
Articles