Pengembangan Media Blog Berbantuan Quizstar Sebagai Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK

  • Ridwan Ridwan Universitas Negeri Manado
Keywords: Media Blog; Quizstar; Pembelajaran Daring; Berpikir Kritis

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media blog berbantuan quizstar sebagai pembelajaran daring siswa, (2) menganalisis kualitas pembelajaran daring, (3) menguji keefektivan pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMK. Tim peneliti menggunakan model ADDIE dengan teknik pengumpulan data yaitu angket untuk melihat kepuasan guru dan siswa, kemudian tes sebagai evaluasi hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek dalam penelitian sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan media blog berbantuan quizstar sebagai pembelajaran daring sesuai dengan prosedur pengembangan, (2) kepuasan hasil kualitas media pembelajaran rata-rata responden memberikan respon sangat baik atau setuju, serta (3) evaluasi media pembelajaran termasuk kategori efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yakni sebesar 82,88 untuk TITL-1 dan 78,38 untuk TITL-2. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan blog berbantuan quizstar sebagai sarana pembelajaran daring untuk meningkatkan berpikir kritis siswa memperoleh hasil yang baik dan tanggapan positif serta efektif dilakukan pada siswa kelas X SMK.

Abstract: The research aims to: (1) Develop Quizstar-assisted blog media as student online learning, (2) analyse the quality of online learning, (3) test the effectiveness of online learning to improve critical thinking skills Grade X students of Vocational High School. The research team uses the ADDIE model with data collection techniques that are poll to see the satisfaction of teachers and students, then test as evaluation of the results of the students ' critical thinking ability. The subject in research was 32 students. The results showed that (1) the development of Quizstar-assisted media blog as online learning in accordance with the development procedure, (2) Satisfaction of the results of the average learning media quality of respondents gave a very good response or Agreed, as well as (3) The evaluation of learning media including effective categories to improve students ' critical thinking, which is at 82.88 for the TITLE of the titles and 78.38 for the TITLE-2. Therefore, it can be concluded that the development of blog-assisted Quizstar as a means of online learning to improve the critical thinking of students get good results and positive response and effective in grade X students VHS.

References

APJII. (2016). Saatnya jadi poko perhatian pemerintah dan industri. Buletin APJII. Jakarta: APJII.

Arifin, S., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2010). Pengembangan blog support pembelajaran matematika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). Diakses di https://doi.org/10.22342/jpm.4.2.817

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment. Diakses di https://www.researchgate.net/publication/251303244

Indarto, N. (2014). Pengembangan media interaktif berbasis blog online pada materi pembelajaran gambar teknik mesin di SMK N 3 Yogyakarta. Diakses di https://eprints.uny.ac.id/19751

Linda, E., & Paul, R. (2012). The thinker’s guide to analytic thinking: How to take thinking apart and what to look for when you do. Tomales,CA: Critical Thinking Foundation Press.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Noel, L. (2015). Using Blogs to Create a Constructivist Learning Environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 617–621. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.591

Rachida, R. (2017). Pengembangan e-learning mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3), 213–220. Diakses di http://journal.student.uny.ac.id/8680

Rustam A, & Soetarno J, L. N. (2017). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 3(1), 1–21. Diakses di https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/10715

Salim, J. (2011). Mengoptimalkan blog dan social media untuk small business. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Solomon, G., & Schrum, L. (2011). Web 2.0 panduan bagi para pendidik. Jakarta: Indeks.

Sutarto, R. H. (2010). Cara cerdas mengelola blog. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yusuf, M. (2010). Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui lembar kerja siswa (LKS) interaktif berbasis komputer di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 34–44. Diakses di https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/816

Published
2020-01-06
Section
Articles