Implementasi Model Kooperatif TGT dengan Media Ludo Math untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa

  • Ichvita Rachma Unengan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Chusnal Ainy Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Himmatul Mursyidah Universitas Muhammadiyah Surabaya
Keywords: Media Ludo Math, Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media Ludo Math pada materi segiempat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP. Hasil penelitian menunjukan bahwa 11% siswa tuntas pada prasiklus atau nilai pretest. Setelah diterapkan model TGT dengan media Ludo Math pada siklus I diperoleh hasil tes belajar sebesar 63% siswa tuntas, sedangkan pada siklus II diperoleh hasil tes sebesar 89% siswa tuntas. Adapun angket motivasi siswa diperoleh hasil sebanyak 42% siswa memiliki motivasi tinggi sebelum tindakan. Motivasi siswa meningkat setelah perlakuan, yaitu menjadi 79% siswa memiliki motivasi tinggi pada siklus I dan 90% siswa memiliki motivasi tinggi pada siklus II.

 

Abstract: The study aims to improve learning outcomes and learning motivation for students with the Teams Games Tournament (TGT) learning model using Ludo Math media on quadrilent material. This research is a type of action research class with 4 stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this study is class VII Junior High School. The results showed that 11% of students were due at the Prasiklus or pretest value. After applied TGT model with Ludo Math media in cycle I obtained study test result of 63% students complete, while in cycle II obtained the test result of 89% students due. The student motivation poll obtained as much as 42% of students have high motivation before the action. Student motivation increases after treatment, i.e. to 79% of students have high motivation on cycle I and 90% of students have high motivation on II cycles

References

Eviyanti, C. Y., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving the Students’ Mathematical Problem Solving Ability by Applying Problem Based Learning Model in VII Grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138–144.

Mardiana, S., & Djazari, M. (2015). Teams Games Tournament dengan Permainan Ludo Akuntansi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 13(1), 55–64.

Meyer, R. D., & Wilkerson, T. L. (2011). Lesson Study: The Impact on Teachers’ Knowledge for Teaching Mathematics. Lesson Study Research and Practice in Mathematics Education, 15–26. https://doi.org/10.1007/978-90-481-9941-9

Mugas, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan media powerpoint untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa kelas V-C SD Islam Hidayatullah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Novitasari, L., Mintarti, S. U., & Soesilo, Y. H. (2019). Combining Teams Games Tournament (TGT) and Mind Mapping to Improve Students’ Activity and Learning Achievement. Classroom Action Research Journal, 3(1), 16–23. https://doi.org/10.17977/um013v1i42017p176

Nugroho, P. A., & Radia, E. H. (2018). Improving the Natural Science Learning Result through the Implementation of Teams Games Tournament Learning Model Aided with Video Learning. Journal of Educational Science and Technology (EST), 4(1), 39–47. https://doi.org/10.26858/est.v4i1.5083

Peter, E. E. (2012). Critical Thinking: Essence for Teaching Mathematics and Mathematics Problem Solving Skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3), 39–43. https://doi.org/10.5897/ajmcsr11.161

Rajagukguk, W. (2015). Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.

Saputri, D. F., Fadilah, S., & Wahyudi. (2016). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 7–14.

Sari, W. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Keaktifan Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IIS SMAN 18 Bandung). Bandung: Universitas Pasundan.

Simbolon, N., & Satria, A. (2016). Making Ludo Word Game (LWG) to Learn Grammar for Senior High School Students. Inovish Journal, 1(2), 77–85.

Sitorus, E. N., & Surya, E. (2017). The Influence of Teams Games Tournament Cooperative Learning Model on Students’ Creativity Learning Mathematics. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 34(1), 16–24.

Suprapti, E., & Mursyidah, H. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Linier dengan Tahapan 4Me untuk Pengembangan Karakter 4C’s Mahasiswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 208–220.

Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85–94. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94

Suwaibah, D., Anggraini, L., & Mursyidah, H. (2019). Ludo 3D-Mb Media Sebagai Pengenalan Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3514

Tobing, I. M. Y. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournment) pada Materi Penyajian Data dengan Media Buta (Gabus Pita). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96.

Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12332

Yanida, F., & Iswandi. (2018). Efektivitas Media Permainan Ludo Berbasis Chemoedutaiment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMAN 5 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Menara Ilmu, 12(12), 30–37.

Yunanda, H., Advinda, L., & Sumarmin, R. (2018). Effects of Cooperative Learning Model Type Games Teams Tournament ( TGT ) and Entry Behavior Student to Learning Competence Class XI IPA Senior High School 1 Lengayang. Internasional Journal of Progressive Sciences and Technologies, 6(2), 329–339.

Published
2020-01-06
Section
Articles