Pengembangan Mantri Caino: Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika

Main Article Content

Riska Nur Rohmah
Westi Ayu Maulida Permata Sari
Dimas Galih Dwi Pangasta
Agung Deddiliawan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Mantri Caino yang merupakan media pembelajaran interaktif berbasis etnomatematika dengan menggunakan adobe flash. Mantri Caino diperuntukkan bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat meliputi materi bangun datar segiempat dan segitiga beserta unsur budaya (etnomatematika). Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Pada metode penelitian  R&D¸ dilakukan beberapa tahap pengukuran kualitas Mantri Caino yaitu meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan peneitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran interaktif Mantri Caino telah memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan dan bersifat valid, praktis, serta efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian yang didapatkan bahwa media pembelajaran interaktif Mantri Caino telah valid, praktis, dan efektif. Hal ini telah sesuai dengan penilaian para ahli, respon siswa, serta hasil tes siswa, dengan 90% peserta didik termasuk dalam kategori tuntas.


Abstract: This study aims to produce Mantri Caino media, namely ethnomatematics-based interactive learning media, created by using Adobe Flash. Caino Mantri was intended for junior high school students (SMP) and equivalents. The method used in this study was research and development (R & D). In this method, several stages of Caino Mantri's quality measurements were carried out, including validity, practicality, and effectiveness. Based on the conducted research, it can be concluded that the product produced, namely interactive learning media Mantri Caino, has fulfilled the specified criteria, that was valid, practical, and effective to be used in learning. The conclusion found that Mantri Caino's interactive learning media were valid, practical, and effective. This was in accordance to the assessment of experts, student responses, and student test results, with 90% of students included in the complete category.

Article Details

How to Cite
Rohmah, R., Maulida Permata Sari, W. A., Galih Dwi Pangasta, D., & Deddiliawan, A. (2019). Pengembangan Mantri Caino: Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(2), 103-116. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/144
Section
Articles

References

[1] Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. (Artikel Web). Diakses di https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan
[2] Dahlan, Jarnawi dan Permatasari, Revina (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2 (1), 133-150. Diakses di http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM
[3] Damayanti, P., & Ulva, S. M. (2015). Pengembangan Media Adobe Flash Cs3 Pada Konsep Bunyi Dengan Mengaplikasikan Model Instructional Games. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(1), 28-42 Diakses di http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/KGU.
[4] P, R. K., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika pada Rumah Adat Lampung. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 125-138 Diakses di https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/293.
[5] Putra, R. W., & Anggrain, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-47 Diakses di http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/129.
[6] Rahmaibu, F. H., Ahmadi, F., & Prasetyaningsih, F. D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Kreatif, 7(1), 1-10 Diakses di https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/9362
[7] Tandililing, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (hal. 193). Yogyakarta: Jurusan PMIPA FKIP UNTAN.
[8] Ubayanti, C. S., Lumbantobing, H., & Manurung, M. M. (2016). Eksplorasi Etnomatematika pada SERO (SET NET): Budaya Masyarakat Kokas Fakfak Papua Barat. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 1(1), 12-21. Diakses di http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/21
[9] Silalahi, Albinus. 2017. Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Makalah disajikan pada Seminar & Workshop Penelitian Disertasi Program Doktoral Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan, Sumatra Barat. Tanggal 3-4 Februari 2017.
[10] Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[11] Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash Cs6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. Jurnal Gammath, 3(1), 49-57. Diakses di http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1093
[12] Masykur, Rubhan., Nofrizal., Syazali, Muhammad. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186. Diakses di http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2014
[13] Nida, Izza K., Buchori, A., Murtianto, Yanuar H., (2017). Pengembangan Comic Math dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Jurnal Aksioma, 8(1), 31-40. Diakses di http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/1531
[14] Wurinanda, Iradhatie. (2016). Skor PISA Indo nesia Masih di Bawah Rata – Rata. (http://news.okezone.com) diakses 3 Juli 2018.
[15] Yuliana, Nita., Pratiwi, Dona D., & Anwar, Syaiful. (2018). Pengembangan Media Interaktif Matematika Berbasis Macromedia Flash. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 50-60. Diakses di http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/91/0