Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Main Article Content

Diah Ayu Putri Utami
Nyoto Hardjono

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Media audio visual adalah seperangkat alat yang memadukan unsur suara dan gambar sehingga dapat menanamkan konsep konkret yang dapat dilihat, didengar dan diamati. Langkah pertama, peneliti merumuskan masalah kemudian dilanjutkan dengan mengumpulkan data penelitian yang sudah ada melalui penelusuran google scholar. Dari hasil penelusuran, didapatkan 9 artikel dari jurnal, 1 prosiding dan 2 skripsi dari repository yang relevan. Hasil penelitian dari para peneliti dianalisis dengan metode pembanding kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis ternyata media audio visual berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas 5 sekolah dasar. Pengaruh penggunaan media audio visual yaitu dapat meningkatkan hasil belajar IPSsiswa kelas 5 sekolah dasar mulai dari yang terendah 12,36 % sampai yang tertinggi 81,81 % dengan rata-rata peningkatan sebesar 37,96 %.


Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar IPS, Sekolah Dasar


Abstract: The purpose of this study to  analyze the effect of audio visual media on the result of learning social science of 5th grade students elementary school. Audio visual media is a set of integrated tools which combines the sound, image, and than it can instill concrete the concepts that can be seen heard. First, researcher formulated the problem and then proceeded to collect researchs data that was already through google scholar. From the search, 10 articles from jurnals, 1 prociding and 1 minithesis from relevant repository. The research results from the reseacher were analyzed by quantitative comparison methods. Based on yhe results of the analysis, that audio visual media has an effect on improving the learning of 5th grade students. The effect of using audio-visual media is that can improve social studies outcomeslearning of 5th grade students of  started from the lowest 12,36 % until the highest 81,81 % with an avarage increase of 31,96 %.


Keywords: Audio Visual Media, Social Studies Outcomes, Elementary School

Article Details

How to Cite
Utami, D., & Hardjono, N. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(2), 72-84. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/130
Section
Articles

References

Adittia, Arya. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar , 9-20. Diakses di http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/5227
Ananda, Rizki. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, Vol. 1, No. 1, 21-30. Diakses di https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/11
Anhusadar, La Ode. (2016). Kreativitas Pendidik di Lembaga PAUD. Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 9, No. 1, 76-92. Diakses dihttp://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/503/489
Anugraheni, Indri. (2018).Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar [A Meta-Analysis Of Problem-Based Learning Models In Increasing Critical Thinking Skills In Elementary Schools]. Jurnal Polyglot, Vol. 14, No. 1, 9-18. Diakses di https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/789
Apriliya, Nurul. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas III B SDN Karanganyar 02. Diakses di https://lib.unnes.ac.id/20108/
Cahyaningtrias, Budi. (2017). Media Audio Visual Berbasis Camtasia terhadap Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD.Seminar Nasional PGSD 2017 tema "Menyiapkan Generasi Unggul melalui Pembelajaran Bermakna", Universitas PGRI Semarang. Diakses di http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SD2017/pgsd20172/paper/view/2340/2355
Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, Edisi 1, No. 4, 104-117. Diakses di http://juliwi.com/edisi0104.html
Harisnawati, Rizqi dan Purnomo. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Audio Visual. Joyful Learning Journal, Vol. 4, No. 3, 57-65. Diakses di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/8400
Hutauruk, Pindo dan Rinci Simbolon. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. Jurnal SEJ (School Education Journal), Vol. 8, No. 2, 121-129. Diakses di https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/9770
Ibda, Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, Vol. 3, No. 1, 27-38. Diakses di http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197/178
Lestari, Wahyu Pitaloka D. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Think Pair Share dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VA SDN Wonosari 03 Semarang.https://lib.unnes.ac.id/20098/
Mitha, Ni Wyn Pradnya.dkk. (2014). Model Pembelajaran Assure Bernuansa Lingkungan Berbantuan Media Audiovisual Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1. Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3019
Mulyadi. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Langung. Jurnal Visipena , Vol.9, No. 1, 32-46. Diakses di http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/191
Mustoip, Sofyan. dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio Visual Kenampakan Alam (Asal Kelam) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam di Indonesia . Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 1, 561-570. Diakses di http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2985
Puspitasari, Luh Dewi. dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus Srikandi Denpasar . Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2, No. 1 . Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/2601/2213
Rinanto, Andre. (1982). Peranan Media Audio Visual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Yayasan Kanisius (anggota IKAPI).
Sekarini, Ni Made Dewi. dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1. Diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3185
Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu, Vol. 14, No. 1, 81-96. Diakses di https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/9
Sista, Taufik Rizki. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMK Migas Cepu).Jurnal Educan, Vol. 01, No. 01, 25-45. Diakses di https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/educan/article/view/1288/pdf_2
Trisnadewi, Komang Ary. dkk. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD No. 3 Tibubeneng, Kuta Utara. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1 .diakses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/4236/3302
Yuzarion. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 1, 107-117. Diakses di http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/2210