Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa

Implementation of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking Skills and Mathematical Communication of Class VII Students

  • Joko Krismanto Harianja Universitas Pelita Harapan
Keywords: project based learning (PjBL); creative thinking; mathematical communication

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) serta untuk mengetahui apakah keterampilan berpikir kreatif siswa memiliki hubungan positif terhadap komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP XYZ kota Bogor. Adapun kegiatan pada proses pembelajaran ini adalah merancang mathematics board games. Mix method merupakan jenis metode penelitian yang dilakukan dengan teknik pengambilan data dengan wawancara terhadap 5 orang responden, kuesioner dan observasi. Analisa kualitatif dilakukan secara triangulasi. Sedangkan untuk analisa kualitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari instrumen rubrik indikator keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PjBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa. Secara kuantitatif dengan menggunakan uji statistik korelasi Pearson, diketahui keterampilan berpikir kreatif memiliki hubungan positif dengan keterampilan berpikir kreatif.

Abstract: The purpose of this study is to improve the creative thinking skills and mathematical communication of VII grade junior high school students by applying the Project Based Learning (PjBL) learning model and to find out whether students 'creative thinking skills have a positive correlation with students' mathematical communication skill. This research was conducted at SMP XYZ in Bogor. The activities in this learning process are designing mathematics board games. Mix method as the research methodology that is used with data collection techniques by interviewing 5 respondents, questionnaires and observations. Qualitative analysis is done by triangulation. Whereas for quanitative analysis using data obtained from the rubric instrument of creative thinking skills and mathematical communication indicators. The implementation of PjBL could improve students' creative thinking skills and mathematical communication. Quantitatively using the Pearson correlation statistical test, it is known that creative thinking skills have a positive relationship with creative thinking skills.

References

Aji, S. Y., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematik siswa smk dalam materi peluang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1105–1112.

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin., M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 145–150.

Arjudin, Prayitno, S., Subarinah, S., Baidowi, & Sripatmi. (2019). Pemantapan Pembelajaran Matematika Inovatif Berbasis HOTS Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Aziz, M., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. INTERMATHZHO (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 37–44.

Cahyani, D. N., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Open-Ended Pada Siswa SMP. INTERMATHZHO (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(2), 78–86.

Culclasure, B. T., Longest, K. C., & Terry, T. M. (2019). Project-Based Learning ( Pjbl ) in Three Southeastern Public Schools : Academic , Behavioral , and Social-Emotional Outcomes. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(2), 8–30.

Hajrin, M., & Sadia, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X Ipa Sma Negeri. Jppf, 9(1), 63–74.

Jenab, S., Islamiyati, M., & Sariningsih, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Untuk Mengetahui Pengaruh Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 941–948. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p941-948

Listriawati, N., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Implementasi Model AIR dengan Teknik Probling Prompting Terhadap Keterampilan Komunikasi Dan Pemahaman. Natural Science Education Reseach, 2(2), 97–104.

Makhrus, M. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171

Nababan, M. J. (2018). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Antara Siswa yang Diajar Dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Curere, 02(02), 105–112.

Nurjannah, S., Hidyanto, E., & Rahardjo, S. (2017). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Ill Structured Problems Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dengan Tema ”Mengembangkan Kompetensi Strategis Dan Berpikir Matematis Di Abad 21, 21(2010), 1441–1447.

Oktaviani, D., & Mukhni. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika SMPN 1 Lubuk Alung. Journal of RESIDU, 3(14), 20.

Putri, A. D., Syutaridho, Paradesa, R., & Afgani, M. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 135–152.

Rudyanto, H. E. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa : Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348

Sari, L. P., Hatchi, I., & Kahanna, M. (2020). MODUL AJAR FISIKA DASAR BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) YANG EFEKTIF BAGI MAHASISWA. 8(1), 272–275.

Sudibjo, N. (2017). “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Kompetensi Kterempilan Koneksi Matematis, Memecahkan Masalah dan Komunikasi Matematis.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 19, 114–129.

Sumartini, T. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Predict Observe Explanation (POE). Jes-Mat: Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 3(2), 167–176.

Sumartini, T. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Pembelajaran Mood , Understanding , Recall , Detect , Elaborate , and Review Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24.

Virtue, E. E., & Hinnant-Crawford, B. N. (2019). “ We’re doing things that are meaningful ”: Student Perspectives of Project-based Learning Across the Disciplines The Interdisciplinary. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(2).

Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (PBL) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 86. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960

Wulandari, W. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 198. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2710

Published
2020-07-09
Section
Articles