Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa

Main Article Content

Siti Mutmainah
Evi Hermawati
Frendi Maulana

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul berbasis Problem Based Learning (PBL) guna memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi (KBMTT) siswa; (2) mengetahui kualitas modul berbasis PBL berdasarkan peringkat validator; dan (3) mengetahui efektivitas modul tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap pengujian produk. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian modul berbasis PBL dan tes KBMTT. Subjek penelitian adalah pihak-pihak yang terlibat selama proses pengujian produk, yaitu validator modul berbasis PBL dan siswa yang akan menggunakan modul tersebut. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data pengembangan modul, kualitas modul, dan efektivitas penggunaan modul. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modul matematika berbasis PBL untuk memfasilitasi keterampilan berpikir matematika tingkat tinggi yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran.


Kata Kunci: Modul berbasis PBL, Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi.


                         


Abstract : This study aims to (1) develop a module based on Problem Based Learning (PBL) to facilitate High Level Mathematical Thinking Ability (KBMTT) of students; (2) knowing the quality of PBL-based modules based on validator ratings; and (3) knowing the effectiveness of the module. This research includes development research, including the preliminary stage, the development stage, and the product testing phase. The instruments used included the PBL-based module assessment sheet and the KBMTT test. The research subjects are the parties involved during the product testing process, namely PBL-based module validators and students who will use the module. The data analysis in this study includes module development data analysis, module quality, and module usage effectiveness. The products produced from this study are PBL-based mathematical modules to facilitate high-level mathematical thinking skills equipped with learning devices.


Keywords: PBL-based Modules, High Level Mathematical Thinking Ability

Article Details

How to Cite
Mutmainah, S., Hermawati, E., & Maulana, F. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(2), 34-44. Retrieved from http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/107
Section
Articles

References

Arends, R.I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim. (2011). Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Pemecahan Masalah Matematis serta Kecerdasan Emosional Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi UPI. Bandung: Tidak DiterbitkanIMSTEP–JICA. 1999. Permasalahan Pembelajaran Matematika SD, SLTP, dan SMU di Kota Bandung. Bandung: FMIPA UPI.
Sugandi, A.I. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Disertasi UPI. Bandung: Tidak Dipublikasikan.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sungkono. (2003).Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.
Suryadi, D. (2005). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung serta Pendekatan Gabungan dan Tidak Langsung dalam Rangka Meningkatkan Ke¬mampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP. Disertasi UPI. Bandung: Tidak Dipublikasikan.